Catatanku
15Sep/113

Memperbaiki Remote AC Toshiba Matot

Dalam perbaikan ac, tentunya tidak lepas dengan peran remote yang di gunakan sebagai alat kendali jarak jauh pada sebuat perangkat elektronik. Saat saya mengerjakan modul AC Toshiba yang sudah di bahas pada posting sebelumnya ternyata setelah OK di nyalakan secara manual, kemudian saya menemui kendala lagi yaitu remote yang tidak berfungsi.

Masi dengan tipe yang sama dengan yang kemarin yaitu PCB CC-862-03 dengan remote bernomor seri KT-T51. Remote AC tersebut kemudian saya bedah dan saya lakukan investigasi (lebay mode=ON) dan yang saya lakukan adalah :

  1. Cek kondisi remote ternyata masih bisa nampilin angka suhu dan di tekan masih memberikan respon jika masih bisa digunakan.

  2. Cek infrared led atau led sensor dengan kamera Handphone, dan hasilnya waaawww..... ternyata led yang ada di lampu sensor gak nyala.

  3. Langsung buka remote dan periksa kondisi infrared led atau led sensor di remote. Bisa dengan multimeter atau di kasih tegangan dan di lihat di kamera handphone. Kali ini ternyata kondisi nya masih bagus.

  4. Berhenti sejenak merenung dan pesimis karena beranggapan kalau yang rusak adalah IC Lem.

  5. Setelah menghela nafas kemudian saya cek di transistor yang mentriger infrared led dan hasilnya kembali terkejut karena ternyata tegangan dari IC tidak sampai ke infrared led yang berimbas dengan tidak nyalanya infrared led tersebut.

  6. Setelah ketemu komponen yang rusak ternyata saya di pusingkan dengan jenis transistor yang rusak berukuran mini yang tentunya di pasaran susah di temukan. yayaya... kemudian berfikir  dan berfikir. Dan akhirnya saya memperoleh ide untuk melakukan penggantian dengan tipe transistor yang sama akan tetapi dengan ukuran yang lebih besar tentunya. C 828 adalah tipe transistor pilihan untuk itu.
  7. Cek kaki-kaki transistor dari basis, kolektor dan emitornya kemudian menentukan posisi transistor pengganti yang akan di tempati c828
  8. Setelah di cek kemudian jreng-jreng dan hasilnya OK OK dan OK
  9. Hasilnya OK, n tinggal laporan boz....

Berikut gambar proses pengerjaan

Comments (3) Trackbacks (0)
  1. gmana tu cra nentuin kaki2 transistorny?

  2. langkah2nya ang lebih rinci mungkin akan kita perjelas pada posting selanjutnya. akan tetapi secara garis besar sebagai berikut:
    1. Menetukan tipe transistor
    2. Menentukan kaki basis dengan menghitung hambatan antara basis-collector, basis-emitor.
    3. Lakukan triger, jika ada penguatan berarti penentuan kaki2 yang kita lakukan benar.
    sekian semoga bermanfaat


Leave a comment

(required)

No trackbacks yet.

Switch to our mobile site